PADANG, LENTERARAKYAT.ID — Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke-4 yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pada tahun 2022 kucurkan 17 pemenang dari ratusan peserta.
Kali ini Sumatera Barat (Sumbar) menjadi salah satu jebolan pemenang diantara 16 lainnya yang berhasil menyingkirkan kontestan yang mendaftar semenjak awal tahun, melalui evaluasi wawancara lanjutan yang dilakukan pada 23-30 Mei 2022 secara virtual zoom meeting.
Asisten III Setdaprov Sumbar, Andri Yulika saat dihubungi di Padang mengatakan Sumbar mendapat piagam dari keberhasilan ini.
“Atas keberhasilan ini, Sumbar menerima piagam penghargaan dan Piala Anggakara Birawa dari KemenPANRB,” ujarnya.
Andri Yulika juga menambahkan ini adalah bukti bahwa Pemprov Sumbar terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan, terutama dalam hal pertukaran pengalaman dan pembelajaran pengelolaan pengaduan pelayanan publik.
Dirinya berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung upaya pemerintah dalam pemberian pelayanan terbaik kepada masyarakat.
“17 Pengelola Pengaduan Terbaik tersebut terdiri dari 2 Instansi Pemerintah (IP) Kategori Outstanding Achievement, 10 Instansi Pemerintah dengan kategori Aspek Pengelolaan dan Perubahan Terbaik, Aspek Keberlanjutan, Konektivitas, dan Dampak Terbaik, serta 5 Unit Penyelenggara Pelayanan Publik (UPP) terbaik,” tambah Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa.
Saat dikutip dari laman resmi KemenPANRB Diah Natalisa menerangkan bahwa salah satu tujuan diadakannya penganugrahan ini sebagai salah satu strategi memberikan contoh praktik baik kepada kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik.
Terutama dalam hal pertukaran pengalaman dan pembelajaran pengelolaan pengaduan pelayanan publik, Pelaksanaan penganugerahan ini dilaksanakan secara offline atau tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. (Ayu)
Editor : Surya Hadinata, SH